.
Hipnotis untuk kesehatan
04.38 | Author: More About me..
Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa hipnosis lekat dengan unsur magis. Padahal, hipnosis adalah bagian dari ilmu kedokteran. Hipnosis awalnya digunakan secara ilmiah oleh dokter asal Austria, dr. Anton Mesmer, tahun 1700-an.

APA SEBETULNYA HIPNOSIS ITU?
"Hipnosis adalah pemberdayaan tenaga atau energi dari bawah sadar dengan mengistirahatkan energi dari jiwa sadar. Direlaksasi hingga bawah sadarnya tampil. Setelah dinetralisis, barulah ditanamkan hal positif," papar Dr. H. Tubagus Erwin Kusuma, SpKJ (K), psikiater dari Klinik Pro V, Jakarta.

UNTUK ORANG SEHAT
Ada dua jenis hipnosis untuk orang sehat.
* Hipnosis promotif
Contohnya pada anak, dengan mengatakan, "Kamu sehat," atau "Kamu pintar", akan membuat anak menjadi sehat dan pintar.

* Hipnosis preventif
Hipnosis ini untuk orang sehat yang akan menghadapi sesuatu, seperti menikah. Orang tersebut dibekali hipnosis pikiran positif dan menghindari pikiran negatif, seperti "Jangan-jangan penikahan saya gagal."

KANKER DAN KEHAMILAN
a. Hipnoterapi

Hipnoterapi berfungsi menyembuhkan dan menyehatkan gangguan yang bersifat fungsional. Seperti, tekanan darah atau kadar kolesterol naik-turun.

Hipnosis juga dapat "menjinakkan" kanker. Caranya, dihipnotis supaya sel-sel darah putih antibakteri dan antivirus di dalam tubuh meningkat jumlahnya, sehingga tidak gampang kena kanker.

Untuk membantu kelancaran melahirkan pun bisa memanfaatkan hipnosis, yaitu hypnobirthing. Program hypnobirthing yang dilakukan selama kehamilan dapat membuat si ibu tenang saat persalinan.

b. Gangguan emosional
Untuk pasien yang terkena gangguan emosional atau psikosomatik, seperti sakit maag. Gangguan ini sebenarnya letaknya di jiwa tetapi menjalar ke badan.

c. Untuk pendidikan
Meningkatkan konsentrasi, daya tangkap, dan daya ingat.

d. Untuk gigi (hipnodonsi)
Biasanya, hipnosis dipakai terutama untuk anestesi (mengurangi rasa nyeri).

e. Untuk mengurangi berat badan (hypnoslimming).

ORANG TUA PUN BISAOrang tua juga bisa melakukan hipnosis pada anaknya menggunakan kata-kata, misalnya, "Bayangkan kamu di taman ria dan naik mainan....". Penanaman program positif ini juga dapat dilakukan saat si anak tidur. Selalu ucapkan kata-kata postif, agar anak benar-benar melakukan hal yang diucapkan tersebut.

JANGAN SEMBARANGAN
Penting diingat, hipnosis untuk kesehatan atau kedokteran sebaiknya dilakukan oleh dokter. Selain itu, hipnosis juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Seseorang harus punya alasan kuat menggunakan hipnosis.

This entry was posted on 04.38 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net